Bupati Asahan Tinjau Penyuntikan Vaksin PMK di Kecamatan Air Batu

Bupati Asahan Tinjau Penyuntikan Vaksin PMK di Kecamatan Air Batu

topmetro.news Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Dinas Peternakan Asahan melaksanakan vaksinasi massal tahap I tanggal 18-19 Juli 2022. Lokasi penyuntikan di 5 desa di Kecamatan Air Batu. Yakni Air Teluk Kiri, Air Genting, Hessa Air Genting, Danau Sijabut dan Hessa Perlompongan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Peternakan Drh Yusnani saat menyampaikan laporan di hadapan Bupati Asahan di Air Teluk Kiri, pada Selasa (19/7/2022).

Jumlah ternak yang akan divaksin aftopor sebanyak 400 ekor sesuai dengan jumlah vaksin yang diterima sebanyak 400 dosis dari Kementerian Pertanian melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provsu yang diterima tanggal 14 Juli 2022 di Kantor Dinas Peternakan.

“Petugas yang melaksanakan vaksin adalah medik dan paramedik veteriner Dinas Peternakan sebanyak 27 orang. Yaitu 5 orang medik veteriner dan 22 orang paramedik veteriner,” kata Yusnani.

Bupati Asahan H Surya BSc mengatakan kita bersyukur untuk tahap pertama ini Asahan mendapat kuota 400 dosis vaksin PMK.

Adapun kriteria ternak sapi yang layak mendapart vaksinasi adalah sapi sehat pada daerah yang masih rendah tingkat infeksinya. Setelah  screening maka Kecamatan Air Batu memenuhi syarat untuk pelaksanaan vaksinasi tahap I sesuai dosis yang tersedia.

Bupati mengatakan untuk vaksinasi tahap selanjutnya kita masih menunggu distribusi vaksin dari Kementerian Pertanian. Melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provsu.

“Bagi peternak yang belum mendapat jatah vaksin pada tahap I ini harap bersabar. Kami akan terus berusaha untuk mendapatkan kuota sesuai kebutuhan daerah kita,” ujarnya.

Bupati Asahan bersama Asisten II, Kadis Kominfo, Kasat Pol PP, Kadis Perhubungan, Kadis Pertanian, Kaban Kesbangpol, Forkopimcam melihat proses penyuntikan vaksin kepada hewan ternak.

Penulis : EN

Related posts

Leave a Comment